Interview AMINEF

Dua minggu yang lalu, siang siang saat kembali kerja setelah istirahat, tiba tiba ada email masuk.

Fulbright Aminef bla bla bla to interview session bla bla bla Jogjakarta 24 July 2012..

Ya Allah.. Alhamdulillah. Rasanya campur campur. Yang pasti seneng. Tapi bingung juga. Jogja?? Sedangkan saya d Riau. Hmm.. Bakal diijinin cuti kerja ga ya?? Itu yang bikin saya bingung.
Sorenya saya cerita ke temen saya yang selalu bisa meluruskan masalah masalah yang saya pusing hadapi. Dia bilang KEJARLAH CITA CITAMU. ITU IMPIANMU. MASALAH KERJAAN DISINI TIDAK BOLEH SAMPAI MENGHALANGI. Langsung setelah itu saya ijin ke mentor. Besoknya ijin ke bos. And they gave me permission. Hwaaaa baek banget 🙂

Setelah proses cari tiket segala macem, tibalah saya di Jogja. Kenapa tempat tes saya di Jogja? Karena alamat yang saya tulis di for aplikasi adalah alamat rumah, bukan alamat saat ini, Riau. Saya tiba di Jogja hari Sabtu. Sejak seminggu sebelumnya saya sudah browsing mengenai pengalaman pengalaman orang yang sudah pernah dipanggil interview. Saya juga sharing info dengan teman saya, Roy, yang dipanggil interview juga. Dari situ lah saya prepare mengenai jawaban jawaban dari pertanyaan yang biasa ditanyakan yaitu:
Academic n proffesional qualification
Validity n feasibility of project
Language qualification
Maturity to adapt new culture
About host country
Ambassadorial potential
University qualification enganged with our goal
Benefit for Indonesia

Saya tidak menghafalkan jawaban hanya saja menyiapkan point point jawaban karena saya khawatir waktu saya diinterview dan saya grogi, saya tidak bisa berpikir. Jadi lebih baik saya siapkan.

Now, the D-day has come. Jadwal interview saya pukul 8.30 di The Phoenix Hotel Jogjakarta. Saya tiba disana pukul 8.00, belum ada orang disana. Rupanya saya orang pertama. Menunggu 30 menit itu serasa nunggu 3 jam kalo kita sedang grogi. Tapi saya coba rileks dan pasrah karena saya sudah coba persiapkan yang terbaik. Beberapa menit kemudian, datang seorang cewek yang menunggu di kursi sebelah. Saya sapa dan ternyata dia adalah teman sepenanggungan saya.hahha. Dia mendapat jatah pukul 9.00.

Pukul 8.37 salah seorang bule keluar menyapa kami berdua. Beliau sangat ramah. Saya dipanggil kemudian saya diberi uang ganti transport. Lumayan laaahh. Setelah itu saya dipanggil memasuki ruangan. Ruangan tersebut kecil, pas untuk kami ber 5. Di meja bundar tersebut sudah duduk 4 orang (termasuk orang yang memanggil saya masuk). Dua Indonesia dan 2 Amerika. 2 orang Indonesia tersebut mantan penerima beasiswa Aminef, sekarang menjadi dosen. Kesan pertama saya pada mereka adalah ramah. Mereka sangat ramah terutama bapak yang memanggil saya tadi, tampaknya beliau adalah kepala rombongan.

Mulailah sesi interview. Dibuka dengan bapak kepala memperkenalkan timnya. Kemudian pertanyaan pertanyaan digulirkan satu per satu oleh tim. Sejauh yang saya ingat, pertanyaan yang diajukan kepada saya adalah mengenai jurusan yang saya apply, Material Engineering, speciality Polymer Engineering. Pertama mereka menanyakan tentang apakah itu polymer. Kemudian universitas apa yang dipilih. Apakah sudah menghubungi dosen disana. Dan segala macam mengenai jurusan yang ingin diambil dan pengalaman kerja saya. Selain itu.ditanyakan juga mengenai seberapa dekat hubungan saya dengan dosen yang memberikan rekomendasi. Satu satunya pertanyaan mengenai personality adalah tunjukkan bagaimana anda merupakan seorang yang mandiri.

Pukul 9.03 saya selesai. Entah bagaimana hasilnya, yang penting saya sudah melakukan yang terbaik. Apapun hasilnya, saya tidak akan menyesal. Saya akan terus berdoa agar beberapa minggu ke depan nanti saya mendapat berita baik dari Aminef.

Sekian sharing pengalaman saya. Yang jelas adalah kita harus memiliki tujuan yang spesifik dan be confidence.

7 thoughts on “Interview AMINEF

Leave a Reply

