Perjalanan Pencarian S2

Kalo dipikir pikir, sudah lama juga saya ngejar ngejar S2. Dari tinggal akhir semester 6 (2010) sampe sekarang 2012. Uda dua tahun.

Malu? Kenapa harus malu? Kan saya usaha. Malu itu kalo kita gak ada usaha sama sekali.

Nyerah? Gak dong. Saya percaya “berhasil adalah satu langkah di depan kata hampir-nyerah”. Jadi kalo nyerah sekarang, siapa tau next chance adalah saat kita untuk berhasil. Makanya jangan nyerah dulu.

Cape? Sometimes. Tapi jangan terlalu dipikirkan. Ada Allah yang sudah punya rencana paling sempurna dibandingkan rencana kita.

Saya record ah program apa saja yang sudah pernah saya coba:

1. FAME (http://www.fame-master.com/) Prancis

Inilah kali pertama saya apply S2. Persiapan pendaftara paling heboh yang pernah saya lakukan. Ya jelas lah, namanya juga pertama. les IELTS selama 1 bulan, dapet nilai overall yang memuaskan tapi nilai komponennya kurang oke. Mungkin ini salah satu hambatannya.

2. Fulbright Aminef – USA

Sudah 2 kali saya apply ini. Apply pertama bahkan administrasi gak lolos. Apply kedua, lolos administrasi tapi gagal di interview. Ya, saya kurang persiapan.

3. AREAs – lupa negaranya

Yang ini juga gak lolos. Entah salah dimananya -_-

4. ESED – beasiswa

Yang ini saya ikhlas banget gak lolos. Yang diterima cuma 10 orang dari berbagai negara. Menilik kemampuan saya yang pas- pasan, pasti susah ngalahin 9 orang terbaik di dunia.

5. KGSP – Korea

Gagaaaalll. Entah apanya yang gagal. Dari awal pun gak dipanggil

6. Groningen RuG – Belanda

Uda apply, trus saya tarik lagi karena saya gak yakin sama biayanya alias minim scholarship

7. Twente – Belanda

Ini juga gak jadi. kenapa ya??? lupa

8. University of Seoul – Korea

Padahal saya berjuang untuk ngirimnya karena saya gak mencantumkan nama penerima aatau nomer telpon jadi surat itu tertahan di warehouse selama seminggu dan saya taunya pas hari deadlinenya. Setelah negosiasi, aplikasi saya tetep diikutkan dalam seleksi. Tapi memang mungkin karena gak jodoh, saya lupa memasukkan KK keluarga dan akta orang tua. hadeeehh yasudahlah

9. University of Surrey – Inggris

Saya dinyatakan diterima di bulan May, tetapi masih conditional offer. Saya ada waktu sampai Sept untuk memperbaiki IELTS saya, tapi waktunya terlalu mepet dan saya juga kesulitan mencari beasiswa. Akhirnya saya pending ke admission Sept 2013. Sekarang saya sudah menerima unconditional offer. Tapi tetep belum dapat beasiswanya. Can anybody give me info?

10. Quota Scheme – University of Stravanger & Telemark University – Norway

Saya lolos kedua ke tahap kedua. Tahap keduanya adalah pengiriman dokumen dan saya sedang mempersiapkan. Semoga lolos

12 April 2013 saya dikabari kalo saya lokos. Tapi officialnya blom. Dan katanya tgl 15 akan dikirim LoA nya. Tapi mana? Saya mau liat apakah saya cuma lolos univnya aja atau sama beasiswanya. Still waiting for it.

11. SELECT EM – Europe

Saya baru melewati tahap apply online, kirim document, dan confirmasi. Setelah itu saya akan melewati tahap seleksi 1 samapi 3. Semoga lolos
Dan unfortunately saya ga lolos *8 Maret 2013

12. Polimi – Italy

Ini kedua kalinya saya apply. Aplikasi pertama, saya diterima di sem 2 yang mana tidak tersedia scholarship untuk pelajar dr sem 2. Akhirnya saya apply lagi untuk periode sem 1 2013/2014. Saya sudah melewati tahap online dan sudah mengirim dokumen. Semoga lolos (sama beasiswanya juga)
Alhamdulillah saya lolos utk sem 1 ay 2013/2014. Sekarang saya masih deg deg serrr nunggu pengumuman beasiswanya. Semoga dapet *28 Feb 2013

13. University of Nottingham

Dia lama sekali memberi progres. Saya uda apply online. Saat ini tahapnya adalah mereka minta surat rekomendasi ke dosen. Tapi manaaaaaaa?? Saya uda bayar biaya pendaftaran kurang lebih 25 pound.

Banyak juga ya yang sudah di-apply. Dan tentu saja saya pengen dapat yang terbaik untuk.

-Night-

*ngantuk parah

 

One thought on “Perjalanan Pencarian S2

Leave a Reply

