Trip to Sabang -Part 3- Last Part

Hari terakhir kami menyusuri pulau Sabang dan menginap di Kota Sabang

8. KOTA SABANG
Disini kami mencari hotel. Kami menginap di hotel Kartika (80rb). Kamar di lantai 2 dan hotelnya oke. Twin bed. Fan. Kamar mandi si lantai 1 ada 2 kamar mandi dan 2 WC.

9. PANTAI PARADISO DAN PANTAI KASIH
Kedua pantai ini lokasinya 10 menit dari hotel. Pantai kasih sangat bagus. Pasir putih dan batu hitam besar di pantainya.

Sedangkan pantai paradiso kurang bagus dan kita tidak bisa turun ke pantainya. Tapi di pinggir pantainya dibangun tempat makan yang sangat cozy dan harga murah. Kami makan malam disana.

9. PANTAI ANOI ITAM
Not so good. Dirty. Tapi sepertinya tempat wisata warga disana.

10. BENTENG JEPANG
Yang menarik bukan Bentengnya. Bentengnya kecil dan bangunannya sangat biasa. Tapi lautnya yang keren. Sangat tenang. Kami betah duduk disana berjam jam.

11. PANTAI SUMUR TIGA
Gak sebagus apa yang dibicarakan orang di dunia maya. Tapi foto foto yg diambil disana memang menunjukkan pantainya bagus dan bersih meskipun kenyataannya biasa saja.

12. SOUVENIR DAN OLEH OLEH
Kami beli souvenir di sepanjang Jl. Perdagangan, Sabang. Harga kaos relatif mahal yaitu 50-60 ribu untuk ukuran dewasa. Karena katanya pemesanan ke Jakarta jadi ongkosnya mahal.
Makanan yang khas disana adalah Bakpia Sabang. Rasanya berbeda dengan bakpia Jogja. Harga 13rb per kotak isi 12 buah.
Jangan lupa kopi Aceh. Bisa dibeli di Banda Aceh. Saya beli kemasan 100gr harga 8rb. Katanya si kopi Aceh enak banget. Berhubung saya punya maag,saya ga berani coba ai.hehe.

13. BACK TO BANDA ACEH
Kami kembali ke Banda Aceh (Ulee Lheue) pukul 8.00 dengan kapal feri cepat di Balohan. Harga tiketnya 55rb untuk ekonomi. Perjalanan selama 45menit. Dan kurang seru. Tapi kami harus mengejar pesawat ke Medan pukul 12.00 jadi kami harus cepat sampai ke Banda Aceh.

Dari Banda Aceh, terbang ke Medan. Stay 1 hari lagi di Medan. Beli oleh2 khas Medan (red: bolu Meranti). Kami menginap di Sultan Homestay (70rb, queen bed, shared bathroom, 15mnts drive to airport). Hotel ini RECOMMENDED banget.

Paginya kami naik pesawat Mes-Pku. And this is the end of our journey.

At the end, I say that Sabang is a hidden marvelous island of Indonesia. Let’s develop Indonesian tourism.