Sup Ikan Tuna

Sup Ikan Tuna

Well.. Sebenernya ini adalah resep berdasarkan insting aja. Kebetulan saya punya tuna kalengan dan saya sedang ingin makan sup yang segar-segar. Jadi saya browsing resep2 sup dan saya memutuskan untuk membuat sup ikan yang ada rasa asamnya supaya segar. Dan dengan ilmu mengarang resep, saya buat sup ikan tuna ini. Dan hasilnya WOW. The best soup that I’ve ever made. Mungkin karena rasanya segar dan tidak biasanya saya masak sup seperti ini.

Resep untuk 2 porsi.

Bahan:
1 kaleng ikan tuna
1 butir telur
2 buah champignon ukuran besar (+- 100 gr). Bisa memakai jamur lainnya.
0.5 buah tomat
1 L air

Bumbu:
0.5 buah bawang bombay
3 siung bawang putih
1 buah cabai merah besar
4 buah cabai rawit
3 iris tipis jahe
garam secukupnya
gula secukupnya
merica secukupnya
minyak/ mentega untuk menumis

Langkah:
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, tambahkan cabai dan jahe.
2. Tuang 1 liter air, tunggu hingga mendidih
3. Masukkan ikan tuna kaleng, tunggu sampai panas. Tambahkan jamur dan tomat.
4. Bubuhi dengan garam, gula, dan merica sesuai selera. Apabila sudah sesuai, pecahkan telur dan aduk-aduk sup sekita 2-3 menit hingga telur terlihat matang. Matikan api.

Kalau bahannya tidak tersedia, bisa diganti sesuai keinginan. Dan apabila bumbu juga tidak lengkap, tidak masalah. There’s no such a failed food, but new receipt.

Leave a Reply

